Asuransi Perjalanan Covid-19: Berobat ke Malaysia

Asuransi Perjalanan Covid-19 - Berobat ke Malaysia saat Pandemi

Apakah Anda atau orang yang Anda kasih memiliki rencana untuk berobat ke Malaysia?

Mulai 22 November 2021, setiap warga negara Indonesia yang ingin berobat ke Malaysia (termasuk Penang dan Kuala Lumpur) wajib memiliki asuransi perjalanan Covid-19 dengan pertanggungan minimal RM 100,000 (sekitar Rp 350 Juta).

Kabar baiknya, Anda sekarang dapat membeli asuransi perjalanan Covid-19 secara online, tanpa perlu keluar dari rumah, sekitar 2 hari sebelum tanggal keberangkatan ke Malaysia. Mulai dari RM 100 (Rp 350 Ribu).

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut mengenai siapa saja yang memerlukan asuransi, berapa biaya dan dimana Anda dapat membelinya, Anda berada di tempat yang tepat.

Kami telah membuat daftar pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pasien kepada kami, dan jawabannya:

Apakah Asuransi Perjalanan Covid-19 Wajib?

YA. Karena ini merupakan persyaratan yang diwajibkan oleh pemerintah Malaysia, siapa saja yang melakukan perjalanan ke Malaysia untuk tujuan medis akan ditolak masuk jika tidak memiliki asuransi perjalanan Covid-19 yang valid, persyaratan ini mulai berlaku 22 November 2021.

Siapa yang Memerlukan Asuransi Perjalanan Covid-19?

Semua orang yang melakukan perjalanan ke Malaysia untuk tujuan medis diwajibkan untuk membeli asuransi perjalanan Covid-19 sebelum berangkat dari negara asal. Asuransi ini termasuk untuk:

  • Pasien
  • Pendamping

Namun, pasien dan pendamping di atas 70 tahun tidak diwajibkan untuk membeli asuransi perjalanan Covid-19.

Asuransi perjalanan ini tidak hanya berlaku untuk pasien dengan penyakit kronis, tetapi juga untuk pasien yang melakukan perjalanan ke Malaysia untuk melakukan prosedur seperti bayi tabung (IVF), operasi elektif mata, dan lainnya.

Berapa Biaya yang Diperlukan?

Berita baiknya adalah asuransi perjalanan Covid-19 sangat terjangkau. Biayanya bervariasi tergantung pada:

  • Jumlah pertanggungan
  • Jumlah hari yang diasuransikan
  • Perusahaan penyedia asuransi

Saat ini, pemerintah Malaysia telah mengakui asuransi perjalanan Covid-19 yang disediakan oleh Tune Protect. Berikut adalah biaya premi asuransi perjalanan COVID Travel Pass+ dari Tune Protect, tergantung pada jumlah pertanggungan dan lamanya pertanggungan.

*Catatan: Perkiraan biaya diatas menggunakan kurs 1 Ringgit Malaysia = 3.500 Rupiah.

Berdasarkan tabel diatas, proteksi (coverage) minimum yang direkomendasikan adalah Basic Plan yang mana mencakup hingga 10 hari. Berdasarkan rencana ini:

  • Biaya premi per orang: RM 105.40 (estimasi sekitar Rp 370 Ribu)
  • Pertanggungan Biaya Medis Rawat Inap akibat Covid-19 Tahap 3 – 5 : Sehingga RM 100,000 (estimasi sekitar Rp 350 Juta)
  • Jangka waktu proteksi: hingga 10 hari di Malaysia.

Apa saja yang Ditanggung oleh Asuransi Perjalanan Covid-19 Tune Protect (COVID Travel Pass+)?

COVID Travel Pass+ oleh Tune Protect Covid-19 mencakup hal-hal berikut:

  • Biaya Pengobatan Rawat Inap karena Covid-19 tahap 3 – 5, dengan hasil tes positif untuk Covid-19 yang terjadi selama perjalanan di Malaysia.
  • Biaya Pengobatan Rawat Inap karena kecelakaan.
  • Tunjangan Karantina Diagnosis Covid-19
  • Kecelakaan Pribadi
  • Pembatalan Perjalanan
  • Pembatasan Perjalanan
  • Keterlambatan Penerbangan saat Kedatangan
  • Kehilangan atau Kerusakan Bagasi Check-In
  • Keterlambatan Bagasi saat Kedatangan
  • Dan beberapa situasi lainnya.
Asuransi Perjalanan Covid-19 - Rawatan Covid-19 di rumah sakit

Namun, perlu diperhatikan bahwa asuransi ini adalah NON-REFUNDABLE (tidak dapat dikembalikan) setelah pembelian, dan tidak dapat dipindah-tangankan dari satu orang ke orang lain.

Selain itu, asuransi ini hanya menanggung pengobatan rawat inap karena infeksi COVID-19 (tahap 3 – 5). Tidak mencakup perawatan kondisi medis yang sudah ada.

Pertanggungan asuransi juga dilakukan dengan sistem reimbursement (bayar dan tuntut). Ini berarti Anda harus membayar terlebih dahulu biaya perawatan, diikuti dengan proses klaim dari Tune Protect.

Proses reimbursement oleh Tune Protect biasanya akan memakan waktu sekitar 7 hari kerja.

Apa saja Manfaat Memiliki Asuransi Perjalanan Covid-19?

Hanya karena kita sudah divaksinasi lengkap (2 dosis vaksin Pfizer, Moderna atau Sinovac) bukan berarti kita kebal terhadap Covid-19. Karena vaksin tidak 100% efektif mencegah infeksi, beberapa orang yang telah divaksinasi lengkap masih akan terkena Covid-19. Hal in dikenal dengan “breakthrough infection” Covid-19.

Biaya pengobatan untuk Covid-19 di rumah sakit swasta di Malaysia dapat bervariasi, mulai dari Rp 7 juta per hari untuk kasus ringan, hingga paling tinggi Rp 30 juta per hari untuk kasus berat, dimana diperlukan ICU, ventilator dan alat bantu hidup (life support).

Itulah mengapa pertanggungan asuransi sangat penting bagi pasien Indonesia yang akan melakukan perjalanan ke Malaysia untuk pengobatan. Hal ini dapat memberikan ketenangan pikiran bagi pasien dan pendamping.

Tujuan utama dari asuransi ini adalah untuk menanggung risiko tertular Covid-19 dari sejak:

  1. Anda melakukan perjalanan ke bandara di Indonesia,
  2. Saat berada di pesawat komersial,
  3. Hingga saat Anda tiba di bandara di Malaysia.

Dapatkan Saya Membeli Asuransi Perjalanan Covid-19 Saya dari Penyedia Asuransi Lainnya?

Ya, Anda dapat membeli asuransi perjalanan Anda dari perusahaan asuransi lainnya yang berada di Indonesia. Namun, periksa kembali dengan kami sebelum Anda membeli, karena kami harus memastikan bahwa asuransi tersebut diakui oleh pemerintah Malaysia.

Kapan Saya Harus Membeli Asuransi Perjalanan Covid-19?

Pasien dan pendamping hanya boleh membeli asuransi perjalanan Covid-19 mereka SETELAH mendapatkan surat persetujuan masuk dari pemerintah Malaysia, dan juga setelah melakukan test PCR di pusat-pusat pengujian yang disetujui (oleh pemerintah Malaysia) di Indonesia.

Hasil PCR harus negatif sebelum Anda melanjutkan untuk membeli asuransi perjalanan Covid-19.

Dengan kata lain, ini berarti asuransi perjalanan Covid-19 hanya boleh dibeli 2 hari sebelum keberangkatan.

Perlu dicatat bahwa asuransi WAJIB dibeli sebelum berangkat dari Indonesia.

Bagaimana Membeli Asuransi Perjalanan Covid-19 Saya?

Tune Protect COVID Travel Pass+ hanya dapat dibeli secara online, langsung dari website mereka. Pembayaran juga dilakukan secara online, melalui kartu kredit.

Anda dapat mengklik tautan di bawah ini untuk membeli asuransi perjalanan.

Beli Asuransi Tune Protect: COVID Travel Pass+

Anda akan membeli asuransi perjalanan Covid-19 di website Tune Protect. Anda disarankan untuk beli hanya setelah mendapat persetujuan dari pihak pemerintah Malaysia.

Apakah Kami dapat Membeli Tune Protect COVID Travel Pass+ dari Health Facile?

Tidak. Pembelian hanya dapat dilakukan secara online melalui website resmi Tune Protect.

Health Facile BUKAN agen dari Tune Protect. Informasi yang disediakan disini hanya untuk tujuan edukasi, untuk memfasilitasi pengaturan perjalanan bagi pasien yang memiliki rencana melakukan perjalanan ke Malaysia untuk tujuan terkait medis.

Kami berharap artikel ini menjawab sebagian dari pertanyaan Anda. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut, atau memerlukan bantuan lebih lanjut, jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami melalui WhatsApp, dengan mengklik tombol dibawah ini. Travel safe!

Tune Protect | Protection Made Easy. Tune Protect. https://buy.tuneprotect.com/quote/RS_Quote_TravelinBound?productcode=TRAVELINBOUND

COVID Travel Pass+ | Tune Protect. Tune Protect. https://www.tuneprotect.com/products/covidtravelpassplus/

Vaccine Breakthrough Infections: The Possibility of COVID-19 after Vaccination: Breakthrough Infections. Centers for Disease Control and Prevnetion (CDC). https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/vaccines/effectiveness/why-measure-effectiveness/breakthrough-cases.html

Rates of double-jabbed people in hospital will grow – but that does not mean Covid vaccines are failing. The Guardian. https://www.theguardian.com/world/2021/jul/22/rates-of-double-jabbed-people-in-hospital-will-grow-but-that-does-not-mean-covid-vaccines-are-failing

No price hike for Covid-19 treatment at private hospitals. The Malaysian Reserve. https://themalaysianreserve.com/2021/05/18/no-price-hike-for-covid-19-treatment-at-private-hospitals/

Jake Hiew

Ditulis oleh Jake Hiew. Diperbarui 1/12/2021.

Lulusan farmasi yang berkeinginan besar dalam memberdayakan orang untuk membuat keputusan yang tepat berhubungan dengan kesehatan mereka.

Share

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Dapatkan Info Asuransi Perjalanan Covid-19 Sebelum Berangkat ke Malaysia

Gratis. Tanpa ikatan. Tanpa biaya tersembunyi.